Web Hosting
 


 
http://blogs.uajy.ac.id/pdutomo/files/2012/10/Picture1.pngA. DEFINISI KOMPUTER

Seringkali kita berurusan dan mendengar istilah komputer yang digunakan sebagai alat bantu suatu instansi atau perusahaan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Misalnya saja :
· Pengelolaan penagihan rekening langganan air minum,
· Perhitungan gaji pegawai suatu perusahaan,
· Perhitungan hasil pemungutan suara, dan lain-lain.

Istilah komputer mempunyai arti yang sangat luas dan berbeda untuk orang yang berbeda. Istilah komputer (Computer) diambil dari bahasa latin Computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon).

 
· Menurut buku Computer Annual (Robert H. Blissmer) :
Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :
Ø Menerima input,
Ø Memproses input tersebut sesuai dengan programnya,
Ø Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan,
Ø Menyediakan output dalam bentuk informasi.

· Menurut buku Computer Today (Donald H.Sanders) :
Komputer adalah system elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah, instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (storage program).
 
· Menurut buku Introduction To The Computer, The Tool Of Bussiness (William M. Fuori) :
Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan arithmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia yang mengoperasikan selama pemrosesan. 

B. GENERASI KOMPUTER

1. Komputer Generasi I (1951 – 1959)
Sesuai dengan perkembangan teknologi pada waktu itu, komputer di produksi dengan tingkat teknologi yang seadanya. Pada umumnya kita menyebut komputer yang di produksi pada periode ini sebagai komputer generasi pertama. Hal ini mengingat bahwa pada periode inilah mula-mula komputer di produksi, dan untuk membedakan dengan teknik produksi pada periode berikutnya, yang sudah tentu dapat lompatan teknologi yang mendasar.
 
Beberapa ciri komputer generasi pertama ini antara lain :
· Komponen hardware aktif yang digunakan berupa tabung hampa (vacuum tube),
· Berukuran besar sehingga memerlukan tempat yang luas,
· Banyak mengeluarkan panas, sehingga diperlukan alat pendingin (AC) yang kuat,
· Kecepatan operasinya relatif lambat dan kapasitas utama (main storage) – nya masih kecil. Sebagai bahan pembanding, dapat disebutkan bahwa EDVAC mempunyai Mercury-delay-line main memory dengan kapasitas satu kilobyte (Kb) atau 1024 Byte. Sedangkan untuk Secondary storage-nya menggunakan magneticwire-memory dengan kapasitas 20 kilo word.
· Bahasa program komputer (programming language) masih dibuat didalam bahasa mesin (machine language). Satu bahasa hanya berlaku untuk satu jenis mesin, dan penulisannya dengan menggunakan kode biner.

Ditinjau dari teknologi yang ada sekarang ini, maka banyak sekali kelemahannya, misalnya :
· Belum ada fasilitas untuk link-program, seperti pemanggilan (call) terhadap suatu subrutin tertentu.
· Belum tersedianya fasilitas floating-point-arithmatic.
· Kumpulan instruksi (instruction set) masih berorientasi pada operasi komputasi, sehingga pemrograman untuk operasi logic dan problem / non numeric menjadi sangat sulit.
· Pada saat harus menangani operasi peralatan masukan / keluaran (I/O devices), CPU menjadi sangat idle.
Beberapa contoh komputer generasi ini antara lain : E101 (Burroughs), BIZMAC (RCA), Datamatic 1000 (Honeywell).
 
2. Komputer Generasi II (1955 – 1964)
Pada akhir tahun 1948, diketemukan teknologi transistor /solid state device oleh SHOCKLEY dari perusahaan The Bell Telephone Laboratories. Alat ini dapat menggantikan tabung hampa didalam perancangan rangkaian switching (switching circuit). Jadi fungsinya sama dengan tabung hampa, tetapi mempunyai bentuk lebih kecil, lebih murah, tidak terlalu panas dan hanya memerlukan sedikit arus listrik.

Komputer generasi kedua ini mempunyai ciri-ciri lain disbanding dengan komputer generasi sebelumnya, antara lain :
· Kecepatan operasi pengolahan lebih cepat,
· Kapasitas penyimpanan utama lebih besar,
· Mulai digunakan index register,
· Penyempurnaan perangkat keras untuk penggunaan floating-point-arithmatic lebih meluas,
· Mulai memperkenalkan bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level programming language) seperti COBOL, FORTRAN dan sebagainya.
· Digunakan prosesor khusus yaitu prosesor masukan dan keluaran (I/O) untuk mengatur kegiatan peralatan masukan / keluaran, sehingga tugas-tugas unit pemrosesan pusat (CPU) dalam melakukan house keeping dapat dikurangi. Pada komputer generasi sebelumnya, semua I/O ini langsung dikontrol oleh CPU. Prosesor khusus ini disebut data synchonizers, yang nantinya disebut saluran (channel). Perangkat lunak berupa compiler, perpustakaan subrutin (subrutin library) dan sebagainya mulai dijual oleh perusahaan pembuat komputer.

Dalam komputer generasi II ini, kita mulai menggunakan istilah system komputer, karena system komputer dapat terdiri dari beberapa subrutin seperti : unit memori, prosesor, dan peralatan masukan / keluaran yang dapat berbeda antara instalasi satu dengan yang lainnya. Contoh komputer ini antara lain : UNIVAC III, IBM-1401.

3. Komputer Generasi III (1964 – 1970-an)
Sejak tahun 1965, beberapa penemuan teknologi baru mulai dikembangkan, antara lain :
· Integrated circuit (IC) dipakai sebagai pengganti discrete transistor circuit. Dengan penggunaan IC ini, maka bentuk fisik dan biaya pembuatan mesin komputer menjadi jauh lebih kecil,
· Semikonduktor memori mulai menggantikan ferrit-core pada rancangan memori utama,
· Suatu teknik yang lazim disebut incroprogramming, mulai digunakan secara luas dalam rancangan prosesor yang berakibat bentuk prosesor makin sederhana tetapi mempunyai fleksibelitas yang makin tinggi,
· Teknik pengolahan secara parallel/multiprogramming, dan pengolahan secara time-sharing dalam kapasitas prosesor serta ruang memori mulai dilaksanakan. Demikian pula adanya kemampuan komunikasi sehingga memungkinkan pengolahan secara on-line.

Komputer generasi ketiga ini menggunakan komponen yang disebut rangkaian hybrit dan monolithic integrated circuit yang menyebabkan komputer dapat bekerja dengan lebih cepat lagi, bentuknya semakin kecil namun kemampuannya relatif besar, dan kemudian dikembangkan dengan menggunakan Metal Oxide Semi Conductor (MOS) dan Silicon on Savier (SOS). Dan pada periode komputer generasi ketiga ini kita mulai mengenal adanya konsep Multi Programming yang pada saat yang bersamaan seolah-olah kita dapat mengerjakan beberapa pekerjaan pengolahan data sekaligus.

Perkembangan teknik-teknik tertentu yang merupakan kelanjutan dari periode sebelumnya, menyebabkan komputer yang dibuat pada kurun waktu ini mempunyai banyak kelebihan disbanding dengan generasi sebelumnya, antara lain :
· Kapasitas pengolahan makin besar (greater reliability),
· Kecepatan operasinya makin tinggi,
· Biaya pembuatan mesin menjadi lebih murah, bentuk fisik menjadi semakin kecil serta kompak, tetapi kemampuannya semakin besar (terutama dari kapasitas penyimpanannya). Ditambah adanya kemampuan komputer dalam komunikasi data akibat kemajuan system transmisi,
· Rangkaian subsistem komputer ini dapat dengan mudah ditambah,
· Menonjol dibidang piranti keras dan piranti lunak.

4. Komputer Generasi IV
Pada tahun 1975 diperkenalkan Altair 8800, komputer pertama yang piranti kerasnya berintikan Integrated circuit dalam micro chip. Namun komputer ini tidak dapat bertahan lama dipasaran dan kemudian menghilang.

Sementara itu, teknologi yang dipakai dalam membuat komponen mesin makin maju dengan teknik produksi / cara kerja yang makin efisien (dengan mass-production, penggunaan robot, dan sebagainya). Akibatnya biaya produksi komponen perangkat keras komputer makin murah dan jumlah unit yang diproduksi makin banyak. Khususnya large scale integrated circuit (LSIC). Hal ini makin mendorong berkembangnya produksi mini / mikrokomputer, sehingga kita mulai masuk periode mikrokomputer.

5. Perkembangan Terakhir
Pada perkembangan terakhir, dikabarkan bahwa NEC Corporation Jepang, Juni 1984 mulai memasarkan chip micro processor berkecepatan tinggi. Chip ini dirancang untuk dapat memproses gambar, foto, diagram, naskah, dan data visual lainnya. Chip NEC tersebut menggunakan teknologi very large integrated circuit (VLSI) paling akhir, dan metode komputasi perangkat data yang berbeda dengan komputer biasa.


C. PENGGOLONGAN KOMPUTER
Komputer oleh beberapa professional digolongkan dalam beberapa sudut pandang. Ada yang menggolongkan berdasarkan data yang diolahnya, berdasarkan penggunaannya, berdasarkan ukurannya dan berdasarkan generasinya.

a. Berdasarkan data yang diolah
Berdasarkan data yang diolahnya, komputer digolongkan ke dalam tiga golongan, yaitu analog computer (komputer analog), digital computer (komputer digital) dan hybrid computer (komputer hybrid). 

1. Komputer Digital
Komputer digital merupakan komputer yang dibuat untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif, berupa angka dan huruf. Komputer jenis ini bekerja berdasarkan kode digital yang bersifat tercatu / disket (discrete). Kode digital dalam halkomputer ini adalah berupa ada pulsa listrik (on) dan tidak ada pulsa listrik (off). Jadi hanya ada dua kondisi on / off. Karena yang ada hanya dua kondisi, maka konsep kode biner yang kebetulan hanya menggunakan dua bilangan dasar ( 0 dan 1) dipakai sebagai symbol yang menggambarkan kondisi pulsa tersebut. 

2. Komputer Analog
Merupakan jenis komputer yang dibuat untuk mengolah data kuantitatif seperti pengukuran temperatur udara, kecepatan suara, tegangan dan sebagainya. Komputer analog sebenarnya suatu komputer jenis lain yang dapat menutup kekurangan jenis digital. Komputer ini rirancang untuk dapat menangani isyarat analog yang bersifat kontinyu. 

3. Komputer Hibrid
Merupakan jenis komputer yang dipakai untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif. Mungkin yang diolah berupa data kuantitatif dan hasilnya merupakan data kualitatif, atau sebaliknya. Komputer jenis ketiga ini pada dasarnya merupakan penggabungan dari komputer digital dan komputer analog.


b. Berdasarkan Penggunaannya
Berdasarkan penggunaannya, komputer digolongkan ke dalam komputer tujuan umum (General Purpose Computer) dan komputer tujuan umum (Special Purpose Computer).
 
1. Komputer Tujuan Umum (General Purpose Computer)
Komputer yang menjadi topik pembicaraan ini sebenarnya merupakan jenis komputer untuk tujuan umum (General Purpose Computer). Artinya suatu komputer yang tidak dirancang secara khusus untuk menangani jenis system aplikasi pengolahan data tertentu.

2. Komputer Tujuan Khusus (Special Purpose Computer).
Merupakan komputer yang dibuat berdasarkan suatu tujuan pengolahan khusus. Misalnya komputer yang hanya untuk mengolah kata. Mesin komputer jenis ini tidak dapat digunakan untuk pengolahan data, tetapi hanya untuk pengetikan saja. Contoh lain, komputer untuk Office / accounting system, komputer untuk pacuan kuda / bursa saham, mesin data entry, dan sebagainya.


Berdasarkan ukurannya, komputer digolongkan ke dalam beberapa bagian, yaitu micro computer (komputer mikro), mini computer (komputer mini), small computer (komputer kecil), medium computer (komputer menengah), large computer (komputer besar), super computer (komputer super).

D. KOMPONEN KOMPUTER
Sebelum kita bahas mengenai komponen pendukung Komputer, sebaiknya kita mengenal dulu elemen-elemen dari system komputer tersebut. Elemen-elemen dari Sistem Komputer ada 3, yaitu :
1. Hardware : merupakan peralatan di system komputer yang secara fisik dapat kita lihat.
2. Software : merupakan program yang berisi perintah untuk melakukan pengolahan data.
3. Brainware : adalah manusia yang terlibat dalam mengoperasikan system komputer. 

Kemampuan komputer yang paling menakjubkan adalah kecepatannya. Komputer dapat melakukan suatu operasi dasar seperti misalnya perhitungan pertambahan atau pengurangan dalam waktu yang sangat cepat. Satuan waktu kecepatan proses komputer dibedakan menjadi beberapa satuan :
· Millisecond (ms) : ribu operasi perdetik ( 1 / 1000 )
· Microsecond (us) : Juta operasi perdetik ( 1 / 1000.000 )
· Nanosecond (ns) : milyard operasi perdetik ( 1 / 1000.000.000 )
· Picosecond (ps) : triliun operasi perdetik ( 1 / 1000.000.000.000 ) 

Disamping komputer memiliki kemampuan untuk beroperasi dengan cepat dan tepat, juga mempunyai kemampuan yang lain, yaitu mempunyai ingatan (memory) yang besar. Berikut ini satuan kapasitas memori komputer :
· 1 Byte : 8 bit atau 1 karakter
· 1 KB (Kolibyte) : 1024 byte
· 1 MB (Megabyte) : 1024 KB atau 1.048.576 byte
· 1 GB (Gigabyte) : 1024 MB atau 1.048.576 atau 1.073.741.824 byte
· 1 Terabit : 1.099.511.627.776 bit atau 137.438.953.472 byte 

a. Alat Input
Alat input (input device /input unit / input equipment ) adalah alat yang digunakan untuk menerima input. Input adalah energi yang dimasukkan ke dalam suatu system. Input dapat berupa Signal input (energi yang akan diolah oleh system) atau Maintenance input (energi yang akan digunakan untuk mengolah signal input). Didalam system komputer, signal input adalah data yang dimasukkan ke system komputer, sedangkan maintenance input adalah program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Sehingga alat input selain untuk memasukkan data juga untuk memasukkan program. Beberapa alat input mempunyai fungsi ganda, yaitu sebagai alat input sendiri dan sebagai alat output untuk menampilkan hasil. Alat input/output demikian disebut dengan terminal.

Alat input dapat digolongkan ke dalam dua golongan, yaitu alat input langsung dan alat input tidak langsung. Alat input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh CPU, tanpa lewat suatu media lainnya lagi. Alat input langsung dapat berupa keyboard, pointing device, scanner, censor dan voice recognizer. Sedang alat input tidak langsung yaitu alat input yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi dalam bentuk media tertentu. Media yang menampung input tersebut adalah simpanan luar, yang dalam hal ini dapat berbentuk disk magnetic, pita magnetic maupun kartu.

b. Alat Pemroses
Alat pemroses adalah alat dimana instruksi-instruksi program diproses untuk mengolah data yang sudah dimasukkan lebih dulu lewat alat input dan hasilnya akan ditampilkan dialat output. Alat pemroses terdiri dari central processor atau CPU (Central processing Unit) dan main memory.

1. CPU (Central Processing Unit )
CPU (Central Processing Unit) merupakan tempat pemrosesan instruksi-instruksi program. Pada komputer mikro, processor ini disebut dengan microprocessor. CPU terdiri dari dua bagian utama, yaitu unit kendali (control unit) dan unit arithmatika dan logika (arithmetic and logic unit). Disamping dua bagian utama tersebut, CPU mempunyai beberapa simpanan yang berukuran kecil yang disebut dengan register.

Control Unit
Bagian inibertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada system komputer. Tugas dari Control Unit adalah :
1. Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
2. Mengambil Instruksi-instruksi dari main memory.
3. Mengambil data dari main memory kalau diperlukan oleh proses.
4. Mengirim instruksi ke arithmetic and logic unit bila ada perhitungan arithmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja arithmetic and logic unit.
5. Menyimpan hasil proses ke main memory.

Arithmetic and Logic Unit
Tugas utama dari arithmetic and logic unit (ALU) adalah melakukan semua perhitungan arithmatika atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika (logical operation) meliputi perbandingan dua buah elemen logika dengan menggunakan operator logika, yaitu :
a. sama dengan (=)
b. tidak sama dengan (<>)
c. kurang dari (<)
d. kurang atau sama dengan dari (<=)
e. lebih besar dari (>)
f. lebih besar atau sama dengan dari (>=)

Register
Register merupakan simpanan kecil yang mempunyai kecepatan tinggi, lebih cepat sekitar 5 sampai 10 kali dibandingkan dengan kecepatan perekam atau pengambilan data di main memory. Register digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU, sedang instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk diproses mesin disimpan di main memory. Secara analog register ini dapat diibaratkan dengan ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual. Jadi ada 3 macam ingatan yang dipergunakan didalam system komputer, yaitu :
- Register, dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses.
- Main memory, Dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan hasil dari pengolahan.
- Exsternal memory (simpanan luar), dipergunakan untuk menyimpan program dan data secara permanen.

2. Main Memory
CPU hanya dapat menyimpan data dan instruksi di register yang ukurannya kecil, sehingga tidak dapat menyimpan semua informasi yang dibutuhkan untuk keseluruhan proses dari program. Untuk mengatasi hal ini, maka dialat pemroses dilengkapi dengan simpanan yang kapasitasnya lebih besar, yaitu main storage atau internal memory atau internal stirage atau primary storage atau temporary storage atau immediate acces storage. Main memory dapat dibayangkan sebagai sekumpulan kotak-kotak yang masing-masing kotak dapat menyimpan suatu penggal informasi baik berupa data maupun instruksi. Tiap-tiap lokasi dari kotak ditunjukkan oleh suatu alamat (address). Alamat memory merupakan suatu nomor yang menunjukkan lokasi tertentu dari kotak memori.

Main memory terdiri dari RAM dan ROM
1. RAM (Random Access Memory )
Semua data dan program yang dimasukkan lewat alat input akan disimpan terlebih dahulu di main memory, khususnya di RAM. RAM merupakan memori yang dapat di akses (access) yaitu dapat diisi dan diambil isinya oleh programmer. Struktur dari RAM dibagi menjadi 4 bagian, yaitu :
a. Input storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan lewat alat input.
b. Program storage, Digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diproses.
c. Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil dari pengolahan.
d. Output storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.

2. ROM (Read Only Memory)
ROM merupakan memory yang hanya dapat membaca data saja. Programmer tidak bias mengisi sesuatu ke dalam ROM. Isi ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya, berupa system operasi (Operating System) yang terdiri dari program-program pokok yang diperlukan oleh system komputer, seperti misalnya program untuk mengatur penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci di keyboard untuk keperluan kontrol tertentu dan bootstrap program (diperlukan pada waktu pertama kali system komputer diaktifkan).

c. Alat output
Output yang dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam 4 macam bentuk, yaitu :
1. Tulisan, terdiri dari huruf, kata, angka, karakter khusus dan symbol-simbol lain.
2. Image, didalam suatu bentuk grafik atau gambar.
3. Suara, dalam bentuk musik atau omongan.
4. Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form), dalam bentuk symbol yang hanya dapat dibaca dan dimengerti oleh komputer.

Tiga golongan pertama adalah output yang dapat dipergunakan langsung oleh manusia, sedang golongan yang keempat biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya atau sebagai input untuk komputer lain. Alat output dapat berbentuk ;

1. Hard copy device, berupa alat yang digunakan untuk mencetak tulisan (kata, angka, karakter khusus dan symbol-simbol lain) serta image (grafik atau gambar) pada media hard (keras) seperti misalnya kertas atau film. Yang termasuk hard copy device adalah printer, plotter dan computer output to microfilm. Output berbentuk Hard copy sifatnya adalah permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari alat outputnya dan dapat dibawa ke mana-mana). Alat output Hard copy device yang umumnya digunakan adalah printer.

2. Soft copy device, berupa alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan (kata, angka, karakter khusus dan symbol-simbol lain), Image (grafik atau gambar) pada media soft ( lunak ) yang berupa signal elektronik. Yang termasuk Soft copy device adalah video display, flat panel displey dan speaker.

3. Drive device atau driver, berupa alat yang digunakan untuk merekam symbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form) pada media seperti misalnya disk magnetic atau tape magnetic. Alat penggerak ini berfungsi ganda, sebagai alat output juga sebagai alat input. Yang termasuk dalam Drive device atau driver adalah Disk drive dan tape drive
Web Hosting

Posting Komentar Blogger

 
Top